Manfaat Dongeng untuk Anak

Sponsorship

Di era yang serba sibuk seperti sekarang ini, mendongeng jadi alternatif hiburan terakhir yang bisa diberikan orang tua pada anak-anak mereka. Banyak orang tua yang lebih mempercayakan sarana hiburan anak pada acara televisi yang sebenarnya belum tentu sesuai dengan kebutuhan anak. Menyadari hal ini, Febriani pun mengubah kebiasaan di keluarganya. Sudah dua bulan ini Febriani’’mengeluarkan’’ televisi dari kamar Bintang, putranya yang akan berusia tiga tahun. Sebagai gantinya, Febriani mulai membacakan buku cerita dan mendongeng untuk putranya.

’’Awalnya memang canggung. Tapi sekarang Bintang belum tidur kalau tidak empat buku yang terbaca,’’ kata Febriani. Dari kebiasaan menyimak cerita inilah Bintang yang semula pendiam menjadi lebih ekspresif dan peka. ’’Di sekolah PAUD, Bintang sering menghubungkan apa yang dia baca dengan materi yang dia dapat di sekolah. Kepekaan Bintang berkembang lebih baik dari teman seusianya yang tidak pernah mendengar dongeng dari orang tuanya,’’ kata Febriani.

Kemajuan psikologis yang ditunjukkan Bintang menurut Kak Nindia Nurmaya, storyteller dari Indonesia Bercerita, memang merupakan efek jangka panjang dari pemberian dongeng pada anak. ’’Dongeng membuat anak berpikir lebih kreatif. Imajinasinya berkembang dan empatinya terlatih. Saat mereka mendengar kisah tokoh yang mengalami kesulitan, mereka akan melatih kepekaan sosialnya. Dari dongeng anak belajar tentang tindakan tercela dan terpuji. Dongeng melatih anak untuk kritis bertanya dan berpendapat. Proses interaktif yang terjadi antara orang tua dan anak menguatkan ikatan emosional mereka,’’ kata Kak Nindia. Sudahkah anda mendongeng hari ini..?

Source : sheradiofm
Images : by googleng

Komentar Anda

komentar

Kalo kamu suka sama tulisan saya ini kamu bisa klik "Like" yang ada di bawah ini

© 2012 Inspire of Casavina. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.