Makanan Yang Menggugah Selera Di Makassar

1. Coto Makassar
Coto Makassar atau Coto Mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan (isi perut) sapi  yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Coto dihidangkan dalam mangkuk dan dimakan dengan ketupat dan “burasa”. Saat ini Coto Mangkasara sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia, mulai di warung pinggir jalan hingga restoran. Dan direncanakan mulai bulan November 2008 Coto Makassar akan menjadi salah satu menu pada penerbangan domestik Garuda Indonesia dari dan ke Makassar.

2. Sop Konro
Masakan khas daerah Makassar, selain Coto adalah Sop Konro. Makanan ini disajikan dalam dua bentuk, yaitu sop berkuah maupun dibakar dengan bahan-bahan dasar seperti tulang rusuk sapi atau kerbau, dimasak/dibakar dengan bumbu ketumbar, jintan, sereh, kaloa, bawang merah, bawang putih, garam, vitsin yang sudah dihaluskan. Sop Konro pada umumnya disajikan/dimakan bersama nasi putih dan sambal.

3. Sop Saudara
Satu lagi makanan unik yang dapat ditemui di Kota Makassar, namanya Sop Saudara. Anda dapat menemui tempat makanan yang menyajikan kuliner ini di Jalan Andalas, persis di samping Masjid Raya Agung Makassar yang dibangun oleh keluarga Jusuf Kalla.
Sop Saudara merupakan masakan khas daerah yang berupa sop berkuah dengan bahan-bahan dasar seperti daging sapi/kerbau yang dimasak dengan aneka bumbu dan disajikan bersama nasi putih atau ketupat dengan Ikan Bakar sebagai tambahan lauknya

4. Pisang Epe
Pisang Epe adalah salah satu jajanan khas Makassar, makanan ini terbuat dari pisang yang dibakar lalu di epe ( digepengkan / dipipihkan ) dan disiram dengan gula merah cair ber-aroma durian. Pisang Epe ini juga berfariasi, ada yang ditaburi kelapa sangrai, keju , coklat ataupun kacang panggang.



5. Es Palu Butung

Es Palu Butung adalah makanan penutup sangat populer dari Makassar, Sulawesi Selatan. Es ini biasa tersaji di warung-warung atau rumah makan yang menu utamanya Coto Makassar, karena memang dua hidangan berasal dari daerah yang sama.

Sponsorship

6. Es Pisang Hijau
Ini adalah hidangan khas dari Ujung Pandang, hidangan ini paling enak jika dinikmati pada saat cuaca panas. Es pisang ijo terbuat dari pisang raja atau kepok, dibungkus dengan tepung terigu yang sudah diberi santan dan air daun pandan atau pasta pandan sebagai pewarna dan pengharum sehingga berwarna hijau, disajikan dengan saus yang diberi es serut, kacang goreng/sangrai yang ditumbuk kasar  dan sirup. Jadi kata ijo itu bukan menunjukkan bahwa jajanan ini terbuat dari pisang hijau tetapi dari tepung pembungkusnya yang berwarna hijau dari daun pandan.

7. Barongko
Barongko adalah makanan penutup khas daerah Bugis-Makassar yang dibuat dari buah Pisang Kepok matang yang dikukus dengan daun pisang. Dahulu paada masa pemerintahan kerajaan di Sulawesi Selatan, Barongko merupakan makanan penutup yang mewah, dan hanya disajikan untuk Raja-raja, dan disajikan pada moment-moment tertentu, seperti acara perkawinan, ulang tahun, dan lain. lain. Untuk menambah cita rasa dan selera, bahan dasar Barongko biasanya ditambah dengan irisan buah Nangka atau Kelapa muda.

Komentar Anda

komentar

Kalo kamu suka sama tulisan saya ini kamu bisa klik "Like" yang ada di bawah ini

6 Responses to “Makanan Yang Menggugah Selera Di Makassar”

  1. [...] Makanan Yang Menggugah Selera Di Makassar [...]

  2. [...] Makanan Yang Menggugah Selera Di Makassar [...]

  3. [...] Makanan Yang Menggugah Selera Di Makassar [...]

  4. [...] Makanan Yang Menggugah Selera Di Makassar [...]

© 2012 Inspire of Casavina. All rights reserved.
Proudly designed by Theme Junkie.